Jumat, 22 Februari 2013

AYAT AL-QURAN TENTANG MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP


Manusia sebagai salah satu mahkluk Allah yang paling sempurna, ditakdirkan untuk tinggal di bumi yang indah dan penuh dengan nikmat serta diwajibkan untuk beribadah kepada-Nya. Selain itu manusia juga sebagai khalifah (penguasa di muka bumi) bertugas untuk mengelola, merawat serta mengatur kehidupan di muka bumi.
Supaya bumi tetap indah dan tidak rusak maka dari itu manusia mempunyai kewajiban untuk memakmurkan, menjaga, mengolah, dan melestarikan bumi. Manusia dilarang untuk merusak bumi, karena Allah telah menurunkan ayat-ayat tentang larangan dan perintah yang berhubungan tentang pelestarian lingkungan. Adapun ayat tersebut yaitu:
  • QS. Ar-Rum (30) Ayat 41-42


  1. Isi kandungan

Ayat ini menjelaskan bahwa selain untuk beribadah kepada Allah manusia juga diciptakan Allah sebagai khalifah di muka bumi. Kerusakan berupa musibah, bencana dan malapetaka yang terjadi di permukaan bumi baik di darat maupun di laut disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri. Kerusakan yang tejadi melalui lima bidang kehidupan yaitu:

  • Kerusakan di bidang keimanan.
  • Kerusakan dalam bidang mental dan intelektual.
Contoh:
  1. Berbuat zalim dan bodoh.
  2. Tidak mendengar petunjuk.
  3. Bertindak ragu-ragu.
  4. Tidak kritis dan selalu pasrah sebelum usaha.
  5. Mudah terpengaruh oleh ilmu dan budaya lain yang merusak.

  • Kerusakan dalam bidang pembinaan dan kehidupan keluarga.
  • Kerusakan dalam bidang martabat manusia.
  • Kerusakan dalam bidang material dan sumber daya alam.
Contoh:
  1. Perusakan tanah pertanian dan lautan.
  2. Pencemaran air dan udara.
  3. Pengurasan hasil tambang.
  4. Pembakaran dan penggundulan hutan
  5. Perburuan binatang tanpa batas.
  6. Pembangunan gedung dan pemukiman yang mengakibatkan lahan kosong atau pertanian menjadi berkurang.

Islam mengajarkan agar umat manusia senantiasa memelihara lingkungan. Hal ini seringkali terkandung dalam beberapa pelaksanaan ibadah.

6 komentar:

  1. Subhanaallah, hendaklah qt sbagai hmbaNya sllu brsyukur akn kkuasaanNya yg mlimpah ruah..
    smoga qt berkesempatan tuk mnjadi khalifah fiil 'ard yg baik :) aamiin

    BalasHapus
  2. Saya ibu HERIYANTI dari palembang mengucap syukur kepada allah,karna melalui bantuan dari aki abdul jamal yg sebesar 20m kini saya sudah bisa menjalankan usaha saya lagi. Puji syukur saya panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan saya dengan Aki Abdul Jamal dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebar 5M inilah yang saya gunakan untuk membuka usaha selama ini,makanya saya sengaja memposting pesang sinkat ini biar semua orang tau kalau Aki Abdul Jamal bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di no 0822-9698-7979- rasa senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya menulis pesan ini biar
    Semua orang tau,ini sebuah kisa nyata dari saya dan tidak ada rekayasa sedikit pun yang saya tulis ini,sekali lagi terimah kasih banyak ya Aki dan insya allah suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman Aki untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu Sartika dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Aki disini 😃Pesugihan Putih Tanpa Tumbal😃

    BalasHapus