Kamis, 21 Februari 2013

PEMANFAATAN WAKTU LUANG UNTUK KESEHATAN


1. Rekreasi
Rekreasi atau "recreation" berarti kesukaan atau kesenangan. Rekreasi merupakan kegiatan untuk menyegarkan pikiran setelah lelah bekerja atau belajar. Berbagai kegiatan rekreasi antara lain darmawisata ke air terjun, kebun binatang, pantai, museum, dll.
Tujuan rekreasi adalah:
a. Menikmati keindahan alam
b. Menyegarkan pikiran
b. Merasakan kesegaran jasmani maupun rohani
Dengan adanya rekreasi, maka kesehatan jasmani maupun rohani akan kembali, sehingga dapat mengerjakan pekerjaan atau tugas sehari-hari dengan pikiran jernih dan tenaga baru.


2. Istirahat
Istirahat tidak hanya menentramkan otot, tetapi juga meringankan ketegangan pikiran dan menentramkan rohani. Berbagai kegiatan istirahat antara lain: menonton TV, mendengarakan musik, tidur-tiduran, duduk santai, dll.
Manfaat istirahat:
a. Menambah kesegaran dan kekuatan
b. Melepaskan lelah dan penat
c. Memperpanjang umur sel-sel tubuh

Akibat kurang istirahat:
a. Otot-otot sakit
b. Sukar tidur
c. Kelelahan dan lama-kelamaan menjadi sakit
d. Gampang terserang penyakit
Untuk itu, istirahat sangat dibutuhkan oleh tubuh dan pikiran kita, dengan istirahat yang cukup semua kegiatan dapat berjalan dengan lancar.


3. Tidur
Tidur adalah cara yang paling baik untuk memanfaatkan waktu luang. Bila kurang tidur, maka kesehatan tubuh kita akan terganggu. Gejala-gejala umum dari kurang tidur antara lain: kelopak mata sayu, wajah pucat dan muram, badan lemah, malas, dan kurang bergairah dalam bekerja atau belajar.


4. Olahraga
Olahraga merupakan pemanfaatan waktu luang yang tepat untuk meningkatkan kesehatan jasmani. Dengan olahraga, maka tubuh akan melakukan gerak, gerak dalam olahraga sangat berguna untuk perkembangan otot-otot tubuh. Banyak manfaat dari aktivitas olahraga, antara lain: memperbaiki sirkulasi darah, melenturkan dan mengencangkan otot-otot, memperlancar sistem pernapasan, pembakaran hidrat arang dan lemak dengan baik, dll.

1 komentar: