Kamis, 21 Februari 2013

PENYAKIT-PENYAKIT PADA SISTEM PEREDARAN DARAH 1

Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner (PJK) adalah kelainan pada jantung yang terutama disebabkan oleh proses aterosklerosis (pembentukan plak dalam pembuluh darah) yang merupakan suatu kelainan degeneratif, meskipun dipengaruhi oleh banyak faktor.
  • Penyebab:
Penyakit ini pada mulanya disebabkan oleh penumpukan lemak pada dinding dalam pembuluh darah jantung (pembuluh koroner) dan hal ini lama kelamaan diikuti oleh berbagai proses seperti penimbunan jaringan ikat, perkapuran, pembekuan darah, dll. Yang kesemuanya akan mempersempit atau menyumbat pembuluh darah tersebut. Hal ini akan mengakibatkan otot jantung di daerah tersebut mengalami kekurangan aliran darah dan dapat menimbulkan Angina Pectoris (nyeri dada) sampai Infark Jantung, yang dalam masyarakat di kenal dengan serangan jantung yang dapat menyebabkan kematian mendadak.

  • Faktor-faktor penyebab jantung koroner
  1. Merokok, berapapun jumlahnya
  2. Kadar kolesterol total dan kolesterol  LDL yang tinggi.
  3. Kadar kolesterol HDL yang rendah
  4. Hipertensi
  5. Diabetes Mellitus 
  • Gejala dan tanda
  1. Nyeri pada dadaNyeri dada iskemik yang khas (seperti ditekan benda berat dan menjalar ke leher, lengan kanan dan punggung) dapat disebabkan oleh angina pektoris stabil (APS), angina pektoris tidak stabil (APTS) atau IMA (infark miokard akut).
  1. Sesak napas, perasaan melayang dan pingsan (sinkop).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar