Senin, 25 Februari 2013

GEJALA-GEJALA YANG TERJADI DI ATMOSFER


1.      Gejala-gejala optik

a.      Pelangi
Pelangi terjadi pada saat turun hujan dan matahari tetap bersinar, dan kita membelakangi matahari tersebut sementara di depan kita terjadi turun hujan yang hanya rintik-rintik. Pelangi yang terlihat merupakan spektrum cahaya matahari yang dibiaskan oleh air hujan.


b.      Halo
Halo adalah lingkaran berwarna putih yang tampak di sekitar matahari atau pada saat terang bulan. Halo terjadi karena adanya pemantulan sinar matahari atau bulan oleh awan tinggi yang berwarna putih dan mengandung kristal-kristal es.

c.      Aurora
Aurora hanya dapat terlihat di daerah lintang tinggi (sekitar kutub) pada malam hari yang cerah. Aurora berupa pancaran sinar berwarna merah kehijauan yang menyerupai pita di langit.

d.      Fatamorgana
Fatamorgana adalah bayangan seperti air yang ada di permukaan bumi yang terjadi karena adanya pemanasan udara yang dekat dengan permukaan bumi sehingga menjadi renggang yang menyebabkan terjadinya pembiasan penglihatan pengamat. Fatamorgana sering terjadi di hamparan muka bumi yang luas, misalnya di gurun.


2.      Gejala-gejala klimatik

a.      Cuaca
Cuaca adalah rata-rata keadaan udara disuatu tempat. Cuaca hanya berlaku pada lokasi yang relatif sempit dan dalam waktu yang relatif singkat. Misalnya cuaca di sekolah kita saat ini cerah, suhu berkisar antara 26˚C-32˚C, angin bertiup lambat. Kondisi yang seperti itu tidak berlangsung lama, setelah beberapa saat kemudian berubah, itulah cuaca.

b.      Iklim
Iklim adalah keadaan rata-rata cuaca pada tempat yang luas dan dalam waktu yang lama (10-30 tahun). Iklim diperhitungkan dalam pengamatan selama 30 tahunan. Ilmu yang mempelajari seluk-beluk tentang iklim disebut klimatologi.

1 komentar:

  1. Saya ibu HERIYANTI dari palembang mengucap syukur kepada allah,karna melalui bantuan dari aki abdul jamal yg sebesar 20m kini saya sudah bisa menjalankan usaha saya lagi. Puji syukur saya panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan saya dengan Aki Abdul Jamal dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebar 5M inilah yang saya gunakan untuk membuka usaha selama ini,makanya saya sengaja memposting pesang sinkat ini biar semua orang tau kalau Aki Abdul Jamal bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di no 0822-9698-7979- rasa senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya menulis pesan ini biar
    Semua orang tau,ini sebuah kisa nyata dari saya dan tidak ada rekayasa sedikit pun yang saya tulis ini,sekali lagi terimah kasih banyak ya Aki dan insya allah suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman Aki untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu Sartika dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Aki disini 😃Pesugihan Putih Tanpa Tumbal😃

    BalasHapus