Kamis, 21 Februari 2013

PENYEBAB-PENYEBAB KEJENUHAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI


1. Kurangnya variasi hidup
Hidup yang terasa membosankan dan tak menarik, bisa jadi disebabkan oleh kurangnya variasi dalam menjalani hidup. Hidup yang dijalani monoton dan statis, itu-itu saja. Salah satu cara untuk bisa keluar dari hal ini adalah dengan membuat kegiatan maupun kebiasaan yang berbeda dan bervariasi dari waktu ke waktu. Misalnya pergi kerja melalui jalan lain, mengubah menu makanan, mengubah letak perabot rumah, cat
, dll.

2. Kurang tantangan dalam hidup
Bisa jadi hidup terasa membosankan karena kurang tantangan atau bahkan tak ada tantangan sama sekali. Ada baiknya berganti pekerjaan yang lebih menantang sesuai dengan bakat dan kemampuan.

3. Kurang keterlibatan diri
Kurangnya komunikasi dan interaksi dengan rekan bisa menjadi penyebab kejemuan. Semakin orang merasa asing dengan dunianya semakin besar peluang untuk frustasi. Segala sesuatu dianggap tidak bersahabat, tidak simpatik bahkan memusuhi. Hidup ini tidak hanya mencari sesuatu, namun juga memberikan. Kerja sama dalam hal apa saja bisa menciptakan hidup ini indah. Bersikap ramah terhadap siapa saja akan melibatkan diri kepada pergaulan di lingkungan dimana kita berada.

4. Kurang keinginan dan tuntutan
Biasanya karena tak ada tujuan dalam hidup sehingga menyebabkan kebosanan dan tidak mengerti apa yang seharusnya dilakukan. Adanya tuntutan dalam hidup dan berusaha untuk menggapainya sesuai dengan kemampuan yang ada membuat hidup dapat terhindar dari kebosanan. Apalagi jika tuntutan itu berhasil dipenuhi.

5. Kurangnya semangat dan dedikasi
Semangat merupakan motor dalam hidup. Semangat yang didampingi dengan dedikasi membuat orang akan lebih tabah dalam menerima apa yang terjadi. Dalam mencapai tujuan diperlukan semangat dan kepercayaan untuk memperolehnya.

6. Kurangnya modal dan kemampuan materi
Hal ini pun bisa membuat orang bosan dalam berusaha. Uang bukanlah segalanya, namun tanpa uang segalanya bisa jadi runyam. Meskipun demikian bukan berarti tanpa uang kita tidak bisa berbuat apa-apa. Banyak orang yang memulai suatu usaha tanpa uang, nyatanya bisa berhasil dan tak sedikit mereka yang memiliki banyak uang justru gagal dalam menjalankan usaha.

7. Tidak adanya pendamping hidup
Ini yang sering dialami oleh kaum lajang. Apa yang dilakukan seakan tiada guna dan tak berarti. Kejenuhan kadang datang begitu cepat dan merasuk dalam kehidupan dalam waktu lama. Hal ini menyebabkan gairah hidup menjadi padam. Meskipun mampu berbuat sesuatu tetapi tidak tahu berbuat untuk apa dan untuk siapa. Tak seorang pun yang bisa menerima persembahan dari hasil kerjanya. Mencari pendamping hidup adalah suatu cara yang pas untuk melenyapkan rasa bosan yang disebabkan oleh hal yang satu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar