Kamis, 21 Februari 2013

ENDOMETRIOSIS



  • Definisi
Endometriosis adalah suatu penyakit di mana bercak-bercak jaringan endometrium yang terdiri dari kelenjar-kelenjar dan stroma yang masih berfungsi tumbuh di luar rahim, padahal dalam keadaan normal endometrium hanya ditemukan di dalam lapisan rahim. Biasanya endometriosis terbatas pada lapisan rongga perut atau permukaan organ perut. Endometrium yang salah tempat ini biasanya melekat pada ovarium (indung telur) dan ligamen penyokong rahim.


  • Proses Berlangsungnya di Tubuh
Setiap bulan ovarium menghasilkan hormon yang merangsang sel-sel pada lapisan rahim untuk membengkak dan menebal (sebagai persiapan terhadap kemungkinan terjadinya kehamilan). Endometriosis juga memberikan respon yang sama terhadap sinyal ini, tetapi mereka tidak mampu memisahkan dirinya dari jaringan dan terlepas selama menstruasi. Kadang terjadi perdarahan ringan tetapi akan segera membaik dan kembali dirangsang pada siklus menstruasi berikutnya.
Proses yang berlangsung terus menerus ini menyebabkan pembentukan jaringan parut dan perlengketan di dalam tuba dan ovarium, serta di sekitar fimbrie tuba. Perlengketan ini bisa menyebabkan pelepasan sel telur dari ovarium ke dalam tuba falopii terganggu atau tidak terlaksana. Selain itu, perlengketan juga bisa menyebabkan terhalangnya perjalanan sel telur yang telah dibuahi menuju ke rahim.
  • Pencegahan
Kehamilan adalah satu-satunya cara pencegahan yang paling baik untuk endometriosis. Gejala-gejala endometriosis memang berkurang atau hilang pada pada waktu dan sesudah kehamilan karena regresi dalam sarang-sarang endometriosis. Dan jangan melakukan pemeriksaan yang kasar atau melakukan kerokan pada waktu menstruasi, karena dapat menyebabkan mengalirnya darah menstruasi dari uterus ke tuba dan ke rongga panggul.
Dan perempuan yang mempunyai riwayat keluarga endometriosis bisa mempertimbangkan mengambil oral pil kontrasepsi, karena hal ini dapat membantu pengobatan untuk mencegah atau memperlambat perkembangan penyakit.
  • Bahaya Endometriosis
Penyakit endometriosis jika tidak segera diobati bisa mengancam kesehatan reproduksi wanita bahkan dapat menyebabkan kematian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar